Episode keempat safari masjid di Banjarnegara untuk salat Jumat di bulan Oktober 2023 ini dari empat kemungkinan masjid yang saya kunjungi, saya hanya bisa mengunjungi dua masjid baru saja. Jumat ketiga di bulan Oktober 2023 saya sedang dinas luar dan Jumat terakhir di bulan Oktober 2023 kebetulan sedang ada pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama di kantor saya sehingga saya salat Jumat di masjid dekat kantor saja yang sebelumnya sudah rutin saya salat Jumat di situ. Berikut review saya atas masjid yang saya kunjungi di bulan Oktober 2023:

  1. Masjid Al Fitroh

Masjid yang berlokasi tepat di dalam lingkungan Pasar Kota Banjarnegara ini berlokasi di Jl. Letnan Karjono No.10 Kelurahan Krandegan Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Saya salat Jumat disini tanggal 6 Oktober 2023. Dari luar, penampakan masjid ini tidak terlihat dengan jelas karena banyaknya mobil box dan mobil pick up yang parkir di jalan depan masjid ini. Kendaraan yang parkir bahkan bisa sampai 2 baris. Ditambah lagi kendaraan umum (angkot) yang sedang nge-tem, semakin padatlah jalan depan masjid. Mau bagaimana lagi, masjid ini memang berlokasi di tengah pasar yang padat aktivitas, sehingga banyak kendaraan parkir juga disitu.

Karena saya ke masjid ini menggunakan motor, maka saya dapat masuk ke area halaman masjid. Begitu masuk halaman masjid, saya kaget. Di luar dugaan saya masjid ini bisa dibilang termasuk masjid mewah dan megah. Masjid ini jelas baru saja direnovasi di mungkin satu atau dua tahun terakhir karena aura nya masih aura masjid baru. Halaman dalamnya cukup luas dan berpaving. Pavingnya menurut saya tipe paving yang bagus dan ditata dengan rapi dengan tambahan pengecatan untuk membuat motif. Area wudhu-nya luas dan menyatu dengan area masjid sehingga memudahkan jamaah setelah wudhu.

Untuk area salat juga luas, tapi karena berada di lingkungan pasar membuat masjid ini cukup padat diisi oleh jamaah salat jumat. Area utama salat sudah full karpet tebal sehingga cukup membuat jamaah nyaman salat berjamaah. Untuk area selasar masjid tidak terlalu luas namun bisa menambah luas area untuk salat jumat. Yang cukup unik dari masjid ini adalah ada ukiran asmaul husna di jendela-jendela yang mengelilingi masjid. Hanya saja saya tidak mengecek atau menghitung asmaul husna-nya tepat berjumlah 99 atau tidak. 😀

Secara umum saya sangat terkesan dengan masjid ini. Dari luar terlihat kumuh karena di lingkungan pasar dan banyak kendaraan parkir berantakan di jalannya, sementara di dalam ternyata masjid ini cukup rapi dan nyaman. Saya berasa menemukan hidden gem saat membelokkan kendaraan saya untuk salat di masjid ini.

 Rating :


  1. Masjid Al Barokah

Masjid ini berlokasi di Desa Blambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Saya salat Jumat disini tanggal 13 Oktober 2023. Saya memang mengincar untuk salat di masjid ini karena saya pasti melewati masjid ini setiap berangkat ataupun pulang kantor. Masjid ini tampak baru selesai direnovasi sehingga membuat saya merasa harus mampir ke sini.

Masjid yang berlokasi persis di depan SPBU Blambangan ini mempunyai pelanggan selain warga sekitar juga menampung jamaah karyawan PT Cosmoprof Indokarya dan siswa SMP Negeri 1 Bawang yang masing-masing hanya berjarak kurang lebih 200-meter dari masjid ini. PT Cosmoprof Indokarya ini sendiri adalah pabrik yang cukup besar di Banjarnegara jumlah karyawan mencapai ribuan. Sepengamatan saya, sebagian karyawan PT ini berjamaah di masjid ini selain ke masjid lain yang ada di sekitar PT.

Masjid Al Barokah ini mempunyai 2 bangunan, yaitu bangunan utama masjid dan bangunan tambahan masjid berupa semacam aula terbuka beratap. Untuk area bangunan utama sudah ber-AC yang merupakan nilai plus yang tidak dijumpai di banyak masjid. Area bangunan utama masjid juga sudah full karpet dan tampaknya karpetnya juga masih baru. Untuk area bangunan tambahan seingat saya masih belum seperti itu. Tidak ada karpet dan tidak ada sistem pendingin, sekedar area terbuka saja.

Saat saya sampai ke masjid ini, kebetulan khotbah Jumat sudah mulai jadi area bangunan utama masjid terlihat sudah penuh. Oleh karena itu saya kemudian menempatkan diri di selasar antara bangunan utama dan bangunan tambahan masjid. Saya tidak cukup nyaman untuk menempatkan diri di bangunan tambahan masjid, karena cukup banyak anak-anak di situ yang sudah barang tentu tidak bisa tenang saat khotbah jumat, namun sungkan untuk masuk ke area bangunan utama yang ber-AC. Bangunan yang ber-AC membuat masjid harus senantiasa ditutup, walaupun dengan pintu kaca, sementara saat saya datang khotbah sudah dimulai jadi saya sungkan kalau harus membuka pintu tersebut untuk masuk ke area bangunan masjid.

Untuk suasana di luar, karena saya tidak mendapatkan AC ataupun kipas angin sementara cuaca di Banjarnegara saat itu sedang panas-panasnya, maka yang saya rasa agak kurang nyaman saat Jumatan. Tentu itu bukan salah masjid. Itu kesalahan saya saja yang terlambat datang jadi tidak mendapat tempat yang lebih nyaman.

Terkait fasilitas, di masjid ini tersedia lahan parkir untuk mobil yang dapat menampung kurang lebih 6 mobil. Namun karena masjid ini terletak di pinggir jalan besar jadi walaupun parkiran habis jamaah tetap bisa memarkirkan mobil di pinggir jalan. Untuk parkir motor tidak dialokasikan tempat khusus, namun bisa di sela-sela parkir mobil ataupun tempat-tempat kosong di sekitar masjid ataupun pinggir jalan.

Untuk tempat wudhu disediakan di samping utara masjid yang berbatasan langsung dengan parkir mobil. Area toilet juga berada di situ. Sebenarnya untuk penempatan toilet dan tempat wudhu menurut saya kurang pas diletakkan di situ. Seperti yang bisa dilihat pada gambar cover Google Street masjid ini, area toilet tepat berada di depan area parkir dan menghadap ke jalan. Kalau pintu toilet terbuka, closet langsung terlihat dari pinggi jalan. Tulisan Masjid Al Barokah juga bahkan persis berada di atas toilet. Secara estetika menurut saya agak kurang namun mungkin takmir masjid punya pertimbangan sendiri.

 Rating :


  1. BsMasjid As Syifa

Masjid ini beralamat di Kelurahan Semampir Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Masjid ini adalah masjid yang terdekat dengan kantor saya di Pengadilan Agama Banjarnegara. Di masjid ini pula sebelumnya saya selalu berjamaah salat Jumat, sebelum saya memutuskan untuk safari ke masjid-masjid lain. Pada tanggal 27 Oktober 2023 kebetulan sedang ada pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama ke kantor saya sehingga saya tidak bisa keluar untuk mencari masjid. Sambil menemani tamu dari Pengadilan Tinggi Agama tersebut, saya berjamaah kembali ke masjid ini.

Masjid ini cukup luas, bahkan bisa dibilang sangat luas. Anda datang terlambat pun bisa dipastikan tetap mendapat tempat di dalam masjid. Pun begitu, masjid ini saat ini masih sedang dalam proses perluasan walaupun untuk sementara sepertinya sedang berhenti. Jadinya tidak heran banyak tiang pancang di depan masjid ini. Untuk toilet dan tempat wudhu areanya terpisah dari bangunan masjid, jadi jamaah harus siap copot pakai sandal apabilan berwudhu di sini. Ke depan harapan saya jika pembangunan atau perluasannya sudah selesai semoga antara tempat wudhu dan bangunan utama masjid dipasang lantai keramik agar jamaah tidak perlu lepas copot sandal.

Untuk fasilitas masjid, karpet tidak full tapi hanya separuh saja. Kipas angin banyak tersedia di tiang-tiang masjid jadi walaupun suasana cukup panas adanya kipas angin tersebut cukup bisa menurunkan suhu di masjid. Terkait posisi salat, saya lebih memilih untuk duduk di area yang tidak berkarpet karena lumayan dingin saat kena lantai. Kalau cuaca sedang tidak panas mungkin bisa jadi saya memilih ke area yang berkarpet. Sound system di masjid ini sangat bagus. Imam salat jumat di sini biasanya oleh Bapak Ikhsan, salah satu Hakim Pengadilan Agama Banjarnegara yang suaranya saya akui sangat bagus. Hafalan suratnya juga sangat banyak. Beberapa hakim dan bahkan termasuk Bapak Ketua Pengadilan juga mendapat giliran khotbah di masjid ini.

Dari sisi desain eksterior, masjid ini bertipe atap tumpuk, bukan kubah besar. Memang ada kubahnya tapi kecil saja di puncak atap. Tampilan depannya minimalis dengan menggunakan roster sebagai pemanis. Untuk interiornya juga minimalis. Areanya yang sangat lapang dengan tanpa ornamen justru membuat area dalam masjid terasa sangat lapang. Pemilihan warna cat putih dengan lantai granit putih juga semakin menampilkan suasana segar dari masjid ini.

Kekurangan dari masjid ini adalah lokasinya berada di dalam gang, sementara di pinggir jalan tidak ada penanda adanya masjid ini. Akibatnya jamaah di masjid ini menjadi tidak terlalu banyak, walaupun masjidnya sendiri sangat luas. Kapasitas masjid ini paling hanya terpakai separuh saja saat penyelenggaraan salat jumat. Apabila masjid ini berlokasi di pinggir jalan bisa jadi bakal lebih ramai dari yang sekarang. Meski demikian, secara umum saya sangat merekomendasikan masjid ini karena memang masjid ini cukup bagus.

 Rating :


Keterangan :

Masjid rekomendasi bulan Oktober2023 : Masjid Al Fitroh dan As Syifa

Foto : Google Street View, Pribadi


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *